Memulai bisnis kecil memang memiliki banyak sekali tantangan terutama di masa-masa awal. Bukan hanya dalam hal modal saja, namun anda juga diharapkan mampu mengelola manajemen keuangan dengan baik. Apalagi jika Anda masih baru menjalankan bisnis tersebut.
Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil
Pada dasarnya terdapat cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan bisnis. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda terapkan ketika menjalankan bisnis kecil supaya tidak salah langkah.
-
Memisahkan antara keuangan pribadi dengan bisnis
Tips ini dapat dilakukan dengan membuat dua nomor rekening berbeda. Hal ini karena untuk mengantisipasi agar uang pribadi dengan uang yang digunakan untuk bisnis tercampur. Bukan tidak mungkin uang hasil menjalankan bisnis dipakai untuk kepentingan pribadi. Jika rekening sudah dibuat, maka anda wajib berkomitmen untuk tidak mencampur keuangan tersebut.
Sehingga, manajemen keuangan anda menjadi mudah untuk dikontrol serta dipakai untuk kepentingan di lain hari demi pengembangan bisnis yang anda kelola.
-
Membayar semua tagihan secara tepat waktu
Sama seperti keuangan pribadi anda, dalam menjalankan sebuah bisnis anda juga diharapkan untuk melunasi tagihan yang dimiliki dengan segera. Misalnya saja tagihan untuk membayar listrik, internet dan juga air.
Disamping itu, tagihan pembayaran yang lain juga perlu untuk diperhatikan. Misalnya seperti tagihan kartu kredit maupu pembayaran pinjaman yang lain.
-
Menghitung laba dengan jelas
Laba atau keuntungan merupakan tujuan utama bagi seorang pengusaha dalam mendirikan bisnis. Akan tetapi, nyatanya masih saja ada pengusaha yang menghitung laba dengan cara yang tidak benar.
Padahal, penghitungan laba ini sangat penting guna mengukur sejauh mana keberhasilan bisnis yang dijalankan. Ketika menghitung laba ini, pastikan semua tagihan sudah dihitung, termasuk biaya pengeluaran dan biaya masuk.
Menghitung laba adakalanya melibatkan uang non tunai maupun uang tunai yang terdapat di rekening bisnis anda. Pastikan anda menghitung biaya pajak, biaya penyusutan dan bunga yang lain. Dari ini anda akan melihat seberapa besar lama bersih yang anda peroleh selama periode tertentu.
-
Memperhatikan kontrak perjanjian bersama pihak ketiga
Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya anda tidak dapat berjalan seorang diri. Anda tentu akan melibatkan pihak lain supaya bisnis yang dijalankan bisa berkembang besar.
Dengan hadirnya pihak ketiga, maka anda akan terbantu dalam proses produksi ataupun ketika mengambil keputusan. Apalagi dalam urusan manajemen keuangan bagi bisnis anda. Anda dapat menjadikan pihak ketiga tersebut untuk mengawasi ataupun menyerahkan secara penuh terkait manajemen keuangan bisnis anda.
Disisi lain, apabila anda memakai jasa pihak ketiga, bisa jadi biaya pengeluaran yang diperlukan akan bertambah. Jadi, anda harus jeli saat menandatangani kontrak, termasuk dengan pihak ketiga yang anda percaya.
-
Merencanakan budget usaha
Pastikan anda memiliki perencanaan budget dengan terperinci. Dengan budgeting ini maka anda akan mudah mengontrol pengeluaran yang sudah direncanakan sebelumnya. Anda pun juga dapat menjadikan estimasi budgeting ini untuk bahan evaluasi di lain hari. Apakah bisnis anda mengalami kemajuan atau penurunan dalam hal pemasukan serta pengeluaran.
-
Mengawasi arus kas keuangan
Terakhir, pastikan anda mengawasi arus kas keuangan dengan baik. Memanajemen keuangan ini memang cukup sulit. Anda perlu berhati-hati dan jeli saat melihat arus keuangan bisnis digunakan untuk apa saja selama ini.
Demikian beberapa tips manajemen keuangan bisnis kecil yang sebaiknya anda terapkan demi kemajuan bisnis yang anda kelola. Bagi anda yang ingin mencari informasi tentang tips keuangan lainnya bisa mengunjungi laman https://www.dolarhijau.com.