Website merupakan salah satu media atau platform yang paling banyak digunakan oleh para pengusaha digital marketing saat ini. Website juga digunakan sebagai tempat atau wadah untuk mempromosikan berbagai produk baik berupa barang maupun Jasa SEO. SEO adalah cara mempromosikan dan menampilkan produk atau profil situs web untuk perusahaan dan bisnis Anda.
Sebenarnya, Jasa SEO dan Jasa Backlink itu hampir mirip tapi tetep berbeda. Ada banyak cara untuk melakukan ini selain SEO. Dimulai dengan SEM (Search Engine Marketing) yang berfokus pada periklanan di Google, kemudian pada optimalisasi jejaring sosial dan berbagai metode lainnya dalam konteks saluran pemasaran. Pada artikel kali ini, kami hanya fokus pada pembahasan terkait pengertian, jenis, jenis, dan manfaat SEO.
Apa Itu SEO
Kita akan memasuki pembahasan tentang pengertian SEO yang sebenarnya. Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah bentuk apresiasi yang diberikan kepada halaman-halaman situs web yang terdaftar di halaman pertama mesin pencari Google.
Jadi definisi umum SEO adalah cara mengoptimalkan sebuah situs web untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian, terutama pencarian organik. Yang mana, pencarian organik dilakukan oleh pengguna atau dengan memasukkan kata kunci pencarian (keyword) di browser dan mesin pencari Google.
SEO banyak berfokus pada pencarian kata kunci organik dan berbeda dengan SEM yang berfokus pada media periklanan yang disediakan oleh Google. Jadi, jika Anda membuat website, akan lebih baik mengoptimalkan dengan SEO daripada menggunakan SEM, karena Anda membutuhkan dana atau modal untuk mempromosikan iklan di Google.
Jenis-Jenis Traffic SEO
Setelah mengetahui pengertian SEO, masuk ke pembahasan tentang berbagai jenis traffic SEO. Untuk saat ini ada tiga jenis lalu lintas yang dapat diklasifikasikan menurut fungsi dan kinerjanya masing-masing.
Quality traffic
Jenis pertama adalah quality traffic atau lebih dikenal dengan kualitas traffic. Untuk menentukan nilai kualitas trafik, Anda bisa mengukur seberapa besar nilai konversi yang dihasilkan oleh data pengunjung yang mengakses website Anda.
Untuk situs web komersial, semakin banyak pengunjung situs menjadi pembeli, semakin baik kualitas lalu lintas situs web Anda. Umumnya pengunjung akan melihat dan mengetahui produk apa yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, itu termasuk dalam lalu lintas dengan bantuan kata kunci transaksional.
Jumlah Traffic
Jumlah traffic juga sangat diperhitungkan untuk meningkatkan performa sebuah website. Semakin banyak pengunjung datang ke setiap halaman situs web Anda, semakin banyak lalu lintas yang bisa Anda dapatkan.
Jadi saat mengembangkan situs web komersial, Anda perlu memperbanyak halaman dengan konten berkualitas. Dimana, Anda bisa membuat kumpulan postingan blog yang mengandung kata kunci yang informatif.
Lalu lintas organik
Dan jenis yang terakhir adalah lalu lintas organik, yang sangat disukai pemilik situs web karena gratis atau gratis. Dengan lalu lintas organik, Anda juga dapat menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan konversi.
Misalnya, ketika seseorang mengetikkan kata kunci ke mesin pencari di browser dan kemudian pengguna mengklik link yang ditampilkan di hasil pencarian. Nah, link visitnya adalah traffic organik.
Cara Kerja SEO dan Tekniknya
Setelah mempelajari berbagai jenis trafik, langkah selanjutnya adalah menganalisis cara kerja SEO dan teknik optimasi halaman website di mesin pencari.
Pertama-tama, yang harus Anda perhatikan adalah untuk bisa masuk ke halaman pertama dan mendapatkan posisi yang lebih tinggi antara rentang 1 hingga 3, tidak sesederhana yang Anda pikirkan. Search engine atau mesin pencari sendiri memiliki tiga aktivitas utama untuk menemukan request atau permintaan yang Anda tulis.
Scan
Proses pertama adalah crawling mesin pencari, tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi dari semua situs web, dari halaman ke tautan.
Pengindeksan
Setelah pemindaian selesai, perayap web akan menyimpan informasi dalam entitas: daftar indeks.
Peringkat
Dan langkah terakhir, mesin pencari akan menampilkan hasil peringkat berdasarkan pencarian yang paling cocok dengan konten yang relevan untuk kata kunci target Anda.
Jadi algoritme Google juga selalu memastikan bahwa pengguna memperoleh informasi dan konten dari sumber yang relevan dan dapat diandalkan. Google sendiri juga memiliki algoritma update yang akan berubah dari waktu ke waktu untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada.
Penyebutan algoritme tersebut menggunakan nama khusus, termasuk Panda, yaitu algoritme yang terkait dengan aktivitas penyaringan, penghargaan, dan penalti untuk konten situs web. Jadi Penguin adalah algoritma yang berfungsi untuk mencegah pengindeksan spam. Dan yang terakhir adalah Hummingbird yang merupakan algoritma yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas dari kedua algoritma tersebut.
Sejauh menyangkut teknik SEO, perlu untuk memperdalam bahasa pemrograman dan kegiatan teknis. Ada beberapa metrik yang harus Anda perhatikan dan optimalkan untuk meningkatkan kinerja halaman web.
Beberapa contohnya adalah audit web vital dasar, robot.txt, peta situs, jalur navigasi, kecepatan halaman, dll. Anda dapat memeriksa informasi ini di alat yang disediakan oleh Google, yaitu Google Search Console (GSC) dan Google Analytics (GA). Dan jangan lupa untuk selalu melakukan perbaikan dan optimasi di dalam dan di luar halaman SEO.
Jenis-Jenis SEO
Setelah mempelajari beberapa informasi tentang cara kerja dan teknik SEO, masuk ke pembahasan jenis-jenis optimasi mesin pencari.
SEO on page
Jenis pertama adalah optimasi SEO on-page. Implementasinya dapat dilakukan dengan melakukan beberapa perbaikan dan perubahan pada konten dan halaman website Anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:
Riset Kata Kunci
Sebelum Anda membuat website, pastikan Anda sudah melakukan riset kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk mengetahui berapa banyak lalu lintas yang diharapkan dapat Anda peroleh berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.
Juga, Anda perlu memverifikasi kata kunci yang digunakan pesaing Anda, sehingga Anda dapat membuat halaman dengan konten yang lebih baik daripada pesaing komersial Anda. Pastikan juga Anda membuat konten atau tampilan halaman yang menarik dan unik sehingga ketika Google merayapi situs web Anda tidak dianggap sebagai spam atau mengandung unsur duplikasi konten atau plagiarisme.
Peningkatan Teknis
Untuk mempermudah pekerjaan perayap web, pastikan untuk selalu memeriksa masalah teknis di halaman SEO. Perbaikan dari masalah teknis, termasuk memeriksa peta situs, mengganti tautan yang rusak, mencegah kesalahan dalam proses pengalihan, dan memperbaiki URL yang rusak.
Optimalisasi Website
Langkah ketiga adalah melakukan perbaikan terutama pada bagian konten website Anda. Pengoptimalan ini termasuk menambahkan meta header dan deskripsi, membuat judul yang baik, mendistribusikan kepadatan kata kunci, menulis gambar alternatif, struktur konten yang jelas, dan membuat konten yang relevan dengan kata kunci target Anda.